Tips Mudah Merawat Harddisk

Posted by GAPTEK on September 11, 2014

Harddisk


Tips Mudah Merawat HarddiskHarddisk adalah piranti keras computer yang digunakan untuk save file. Bedanya dengan RAM, harddisk lebih mengarah ke penyimpanan file dengan cara permanen. Dalam penggunaannya, harddisk seringkali punya pengaruh pada kemampuan computer. Jika harddisk mendapatkan masalah, maka kemampuan computer akan mengalami hal sama. Intinya, harddisk pada computer memegang fungsi cukup utama.
Karena itu, baiknya anda rajin menjaga harddisk supaya terlepas dari kerusakan. Beberapa kiat merawatnya juga tak terlampau susah, seandainya dikerjakan sesuai dengan panduan dan hati-hati lantaran mengingat harddisk adalah piranti vital dalam computer. Oleh karena itu, kami bakal menyuguhkan artikel tentang langkah menjaga harddisk. Dibawah ini penjelasannya.
  1. Jangan menutup rapat-rapat lubang casing pada harddisk, sebab hanya akan menutupi ruang kosong dan akhirnya sirkulasi udara pada bagian harddisk tidak akan lancar. Akibatnya, harddisk akan mengalami penurunan kinerja sehingga akan berdampak pada kinerja komputer anda.
  2. Mematikan komputer secara baik dan benar adalah harga mati apabila anda tidak ingin harddisk pada komputer anda mengalami kerusakan. Lakukanlah langkah-langkah yang benar yaitu klik tombol “start”, kemudian pilih “shutdown” lalu tunggu hingga benar-benar nonaktif. Sebaliknya, apabila anda mematikan komputer dengan cara langsung mencabut kabel pada stop kontak, maka harddisk anda akan mengalami kerusakan.
  3. Letakkan CPU komputer anda pada ruangan yang ada sirkulasi udaranya. Hal ini agar harddisk komputer anda mendapatkan sirkulasi udara yang baik sehingga kinerja harddisk pun juga akan baik dan yang terpenting akan terhindar dari kerusakan.
  4. Sering-seringlah melakukan pengecekan terhadap perangkat harddisk komputer anda. Pengecekan tersebut dapat anda lakukan dengan defrag harddisk anda. Lakukan secara rutin agar jika sewaktu-waktu terdapat sedikit kerusakan maka anda akan mudah untuk melakukan perbaikan.
  5. Pada setiap penggunaan, pastikan harddisk anda tetap disuplai udara oleh kipas yang tersedia. Usahakan untuk selalu memantau bahwa kipas pada CPU tetap hidup agar harddisk komputer tetap dingin. Selain itu, periksa secara rutin perangkat power supply yang mengaliri tegangan pada harddisk anda.
Demikianlah sebagian panduan simpel untuk menjaga harddisk untuk menghindari dari kerusakan. Semoga bisa memberi jalan keluar buat anda. Selamat coba.

Blog, Updated at: 1:23 AM
Gapek Gaptek Updated at :

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.

DOMAIN